Bau Jengkol Dijamin Hilang, Begini Resep Semur Jengkol Khas Padang


Jika kamu berpikir bahwa masakan Padang yang paling terkenal hanya rendang daging sapi dan dendeng balado, maka kamu salah besar. Karena di Padang, masakan jengkol juga terkenal dan rasanya tidak diragukan lagi. Seperti gulai jengkol, jengkol balado, dan resep semur jengkol yang akan kita bahas kali ini.

Bicara tentang resep masakan jengkol, mulai dari turun temurun, hingga menu hasil olahan chef masa kini memang sangat banyak. Meskipun muncul resep-resep baru, resep semur jengkol sederhana terbukti tetap menjadi primadona. Seperti resep semur jengkol padang ini misalnya, karena resep ini masih menjadi resep semur jengkol spesial pilihan keluarga.

Lalu seperti apa resep dan cara membuat resep semur jengkol padang ini? Langsung simak ulasannya di bawah ini ya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 500 gram jengkol yang sudah benar-benar tua
2. 1 ruas lengkuas
3. 2 batang serai, ikat
4. 3 lembar daun salam
5. 200 ml air untuk memasak
6. 200 ml santan kental
7. Kecap manis secukupnya
8. Gula pasir secukupnya
9. Garam secukupnya
10. Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:


1. 10 buah cabai merah
2. 10 buah cabai rawit
3. 3 butir bawang merah
4. 2 siung bawang putih
5. 1 sdm ketumbar
6. 2 butir kemiri

Cara membuat semur jengkol khas Padang:


Agar jengkol tidak bau setelah dimasak, maka sebaiknya rendam dulu jengkol dengan air cucian beras selama 2 sampai 3 hari. Dengan catatan setiap hari airnya harus diganti ya.
Setelah 2 sampai 3 hari, barulah rebus jengkol selama kurang lebih 1 jam agar jengkol benar-benar empuk. Setelah empuk tiriskan dan kupas jengkol dari kulitnya. Belah jengkol menjadi 2, terserah apakah mau diiris menjadi tiga bagian atau dimemarkan sampai pipih. Tapi dalam artikel kali ini, jengkol masih dimemarkan hingga berbentuk pipih dengan ulekan ya.
Jika jengkol sudah dipipihkan, lalu cuci bersih kembali agar kotoran yang berasal dari ulekan bisa hilang. Siapkan wajan, kemudian panaskan minyak secukupnya. Tumis bumbu yang telah dihaluskan atau diblender tadi.
Sambil menumis, masukkan ikatan serai, daun salam, dan lengkuas ke dalamnya. Tumis hingga harum, kemudian masukkan jengkol dan tumis hingga tercampur dengan bumbunya. Jangan lupa tuang air sedikit demi sedikit.
Tambahkan gula pasir, garam, dan kecap manis sesuai selera. Tunggu hingga mendidih, baru masukkan santan kentalnya.
Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Tunggu hingga mendidih dan biarkan airnya tinggal ¾ bagian saja agar kuahnya menjadi kental. Jika sudah matikan apinya dan angkat.

Semur jengkol siap disajikan, dan paling mantap jika disantap dengan nasi hangat-hangat. Itulah resep semur jengkol khas Padang, nantikan resep-resep masakan jengkol selanjutnya ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar