Cara Membuat Dendeng Balado Asli Khas Padang


Di kota Padang, banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi seperti pantai, pegunungan, sampai dengan air terjun. Selain menawarkan keindahan alamnya yang begitu indah, Padang juga kaya akan kulinernya yang serba lezat. Salah satunya adalah berbahan dasar daging sapi, seperti rendang daging sapi, sate padang dan dendeng balado.

Nah bagi kamu pencinta daging sapi, boleh mencoba beberapa masakan tersebut ketika berkunjung ke kota Padang. Bumbu rahasianya serta beberapa rempah-rempah pilihan, menjadikan masakan-masakan ini begitu disukai. Tidak hanya masyarakat Padang itu sendiri, namun mereka yang berasal dari luar kota pun menjadi penggemar berat masakan Padang.

Seperti nasi padang misalnya, makanan yang terdiri dari nasi, sambal, lalap serta rendang daging. Karena begitu terkenal, sampai-sampai di tiap-tiap daerah terdapat rumah makan Padang yang menjual khusus masakan Padang. Penjualnya pun biasanya juga orang Padang, yang merantau atau menetap di suatu daerah untuk mencoba usaha kuliner.

Namun bagi kamu yang bukan asli orang Padang, bisa juga kok membuatnya sendiri di rumah. Tak ada salahnya untuk praktik, karena masakan padang tak harus dibuat oleh orang Padang juga kan? Dengan melihat resep, maka kamu akan lebih mudah dan terbantu dalam membuat suatu masakan.

Seperti resep membuat rendang daging sapi dan sate padang yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Nah kali ini akan dibahas mengenai resep membuat dendeng balado asli khas Padang. Tak beda jauh dengan rendang daging sapi, karena masih menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya.

Lalu seperti apa resep membuat dendeng balado khas Padang, maka dari itu langsung simak saja ulasannya berikut ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 1 kg daging sapi
2. 3 siung bawang putih, memarkan
3. 3 buah pekak
4. 1 sdt lada bubuk
5. 2.000 ml air
6. Garam secukupnya

Bumbu untuk merendam daging:


1. 3 butir bawang merah
2. 2 siung bawang putih
3. 1 sdt ketumbar
4. ½ sdt lada bubuk
5. 1 sdm air asam
6. 100 ml air
7. Garam secukupnya
8. Gula pasir secukupnya
9. Minyak untuk menggoreng daging

Bumbu balado yang harus dipersiapkan:


1. 10 buah cabai merah
2. 1 buah tomat ukuran sedang
3. 5 butir bawang merah
4. 1 sdm air asam
5. Garam secukupnya
6. Gula pasir secukupnya
7. Minyak sayur secukupnya

Cara membuat dendeng balado asli khas Padang:


Tuang 2.000 ml air ke dalam sebuah panci lalu didihkan. Masukkan daging sapi, kemudian masukkan bumbu-bumbu besertanya. Tunggu sampai daging benar-benar empuk.
Keluarkan semua daging dari dalam panci, lalu iris melebar dan tipis.
Haluskan atau blender semua bumbu yang akan digunakan untuk merendam daging. Beri air, garam dan gula secukupnya. Rendam irisan daging ke dalamnya selama kurang lebih 1 jam.
Panaskan minyak, lalu goreng daging yang sudah direndam sampai berwarna kehitaman. Tapi ingat, hitamnya jangan sampai gosong ya.
Untuk membuat bumbu balado, kukus cabai merah, tomat, dan bawang merah sampai lunak. Lalu giling kasar, beri air asam, garam, dan gula secukupnya.
Siapkan sedikit minyak ke dalam wajan, tumis bumbu balado sampai harum dan angkat.

Nah campurkan bumbu balado dengan daging sapi yang sudah digoreng, dan dendeng balado siap disajikan. Sangat simpel kan membuatnya, semoga bermanfaat dan selamat praktik di rumah.

Komentar