Untuk Penikmat Kuliner Halal, Inilah Resep Membuat Saksang Daging Sapi Khas Medan


Bagi penikmat kuliner non halal, daging babi maupun daging anjing bisa menjadi bahan utama untuk membuat sebuah masakan. Salah satunya adalah Saksang, kuliner khas dari kota Medan yang berbahan dasar babi atau anjing. Masakan ini begitu populer di daerah asalnya, bahkan sampai ke luar kota dan mancanegara.

Bahkan Saksang daging babi juga dimasak menggunakan darah babi itu sendiri. Nah bagi kamu pencinta kuliner halal, maka tak perlu khawatir jika ingin mencicipi bagaimana cita rasa masakan ini. Karena ternyata Saksang bisa digantikan dengan daging sapi atau bahkan kerbau, dan tidak perlu dimasak menggunakan darah.

Nah pada artikel kali, akan dibahas tentang resep serta cara membuat Saksang daging sapi khas kota Medan yang halal. Jadi Saksang berbahan dasar daging sapi ini merupakan salah satu masakan khas kota Medan selain bakso lembu. Bagi kamu seorang Muslim, silakan simak ulasan berikut ini dan jangan lupa dicoba ya. 

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. ½ kg daging sapi
2. 2 batang serai, geprek
3. 2 ruas lengkuas, potong-potong
4. 5 lembar daun jeruk
5. 250 ml air
6. Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:


1. 5 biji cabai merah
2. 3 butir bawang merah
3. 2 siung bawang putih
4. ½ sdt merica
5. 1 sdt ketumbar
6. 2 sdm andaliman

Cara membuat Saksang daging sapi:


Bersihkan daging sapi, lalu potong dadu.
Haluskan atau blender semua bumbu, lalu tumis dengan api sedang. Masukkan serai, lengkuas, dan daun jeruk, tumis hingga harum.
Setelah harum baru masukkan daging sapi yang telah dipotong, aduk rata. Baru setelah itu tambahkan dengan air dan garam secukupnya.
Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap ke dalam daging. Hampir seperti tampilan rendang daging sapi.
Angkat dan sajikan Saksang ke dalam mangkuk hangat-hangat.

Itulah resep dan cara membuat Saksang daging sapi khusus untuk pencinta kuliner halal. Mudah bukan, selamat mencoba.

Komentar