Cara Membuat Gulai Itiak Khas Padang


Padang seakan-akan merupakan surganya masakan gulai, mulai dari gulai jengkol dan gulai itiak atau gulai itik. Sesuai dengan artikel yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yakni mengenai cara membuat gulai itiak khas Padang. Ada juga gulai banak atau gulai otak, kalio dagiang atau gulai daging, dan cancang yang akan kita bahas pada artikel yang lain.

Nah cara membuat gulai itiak khas Padang ini sebenarnya sama dengan gulai pada umumnya. Hanya saja bedanya adalah dari bahan serta bumbunya yang menggunakan daging itik dan bumbu hijau. Karena resep entok sambal ijo atau bumbu bebek hijau ini menggunakan cabai hijau sebagai campuran warnanya.

Atau di Padang juga disebut gulai itiak lado mudo, yang berarti gulai itik sambal hijau. Cara bikin gulai itiak lado mudo ini sangat gampang kok, nah daripada penasaran mari simak langsung ulasannya di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 1 kg daging itik atau entok
2. 2 buah jeruk nipis
3. 3 ruas jahe
4. 3 ruas lengkuas
5. 5 lembar daun jeruk
6. 2 batang serai, memarkan
7. 3 lembar daun kunyit
8. 1.000 ml santan
9. Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:


1. 8 butir bawang merah
2. 5 siung bawang putih
3. 10 buah cabai hijau
4. 3 butir kemiri
5. 3 ruas kunyit
6. ½ sdt merica bubuk
7. Garam secukupnya
8. Minyak untuk menumis secukupnya

Cara membuat gulai itiak khas Padang:


Cuci bersih daging itik lalu turiskan, jangan lupa sebelumnya potong-potong terlebih dahulu daging itik menjadi 6 atau 8 bagian.
Untuk menghilangkan bau amis pada daging itik, lumuri daging dengan air perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
Siapkan minyak ke dalam wajan, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan jahe, lengkuas, daun jeruk, serai, dan daun kunyit, tumis hingga harum. 
Setelah itu masukkan potongan daging itik ke dalamnya, aduk hingga bumbu tercampur merata dengan daging. Baru masukkan santan dan masak hingga kuah mengental, jangan lupa terus diaduk ya agar kuah tidak pecah.
Jika sudah matikan apinya dan sajikan gulai itiak ke dalam mangkuk saji.

Nah gulai itiak khas Padang siap disajikan dan disantap. Itulah cara membuat gulai itiak khas Padang yang menggugah selera, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Nantikan resep-resep nusantara lainnya ya.

Komentar