Tak Kalah dari Rendang Daging, Begini Resep Gulai Jengkol Khas Padang


Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang resep masakan Padang menggunakan bahan utama daging sapi, kali ini sedikit berbeda. Bukan dari jenis daging maupun sayur-sayuran, melainkan dari jenis polong-polongan, yakni resep gulai jengkol. Selain rendang daging dan soto, Padang juga memiliki resep masakan jengkol yang tak kalah enaknya.

Jengkol memang sesuatu yang dihindari oleh beberapa kalangan karena  bau tajamnya, namun tak sedikit orang yang ketagihan setelah memakannya. Apalagi jika diolah dengan resep gulai jengkol padang yang lezat, maka orang yang asalnya tidak suka akan menjadi suka. Karena untuk rasanya, dijamin tak kalah dari rendang daging itu sendiri.

Sama seperti resep gulai jengkol khas Jawa, gulai jengkol khas Padang juga menggunakan kunyit dan santan sebagai bumbu khasnya. Lalu seperti apa cara membuat gulai jengkol yang lezat khas Padang? Langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 1 kg jengkol yang sudah tua
2. 6 butir bawang merah, iris
3. 2 batang serai, memarkan
4. 3 lembar daun jeruk
5. 3 lembar daun salam
6. 2 ruas lengkuas
7. 1 ruas jahe
8. 2 buah asam kandis
9. 250 ml santan kental dari 1 buah kelapa
10. 500 ml santan cair dari 1 buah kelapa
11. Garam secukupnya
12. Gula pasir secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:


1. 15 buah cabai merah
2. 3 siung bawang putih
3. 3 butir kemiri
4. 1 ruas kunyit ukuran sedang yang sudah tua
5. ½ sdt garam

Cara membuat gulai jengkol khas Padang:


Pertama-tama cuci jengkol sampai bersih, lalu rebus sampai airnya benar-benar merendam jengkol. Rebus selama kurang lebih 1 jam hingga jengkol empuk. Jika sudah tiriskan jengkol dan buang kulitnya, belah jengkol jadi 2 kemudian memarkan dengan ulekan hingga bentuk jengkol menjadi pipih. Kemudian cuci kembali jengkol lalu sisihkan.
Panaskan sedikit minyak ke dalam wajan, goreng bawang merah yang sudah diiris lalu sisihkan. Kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan ke dalamnya, jangan lupa masukkan serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, jahe, dan asam kandis ke dalamnya sampai tercium bau harum.
Jika sudah maka masukkan jengkol yang sudah dimemarkan dan di cuci bersih. Tumis sampai bumbu benar- benar tercampur merata dengan jengkol, baru setelah itu tuangkan semua santan. Aduk agar santan tidak pecah, sambil beri garam dan gula pasir sesuai selera.
Tunggu hingga kuah santan tersisa ¾ bagiannya saja. Jika sudah matikan apinya dan angkat gulai jengkol. Jangan lupa taburi dengan bawang merah yang sudah di goreng sebelumnya. 

Nah gulai jengkol khas Padang sudah siap untuk disajikan. Mudah kan, rasanya pun tak kalah enak dengan rendang daging. Itulah resep gulai jengkol khas Padang yang menggugah selera, jangan lupa dipraktikkan ya dan semoga bermanfaat.

Komentar