Suka Makanan Berkuah, Coba Resep Soto Padang Ini


Soto merupakan makanan yang biasanya ada di setiap daerah di Indonesia. Di daerah Lamongan disebut soto lamongan dan di daerah Medan disebut soto medan, yang resepnya telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Sedangkan di daerah Padang disebut soto padang, nah resep soto padang ini akan kita bahas pada artikel ini.

Karena biasanya, makanan berkuah campuran daging ayam atau sapi ini diberi nama sesuai daerah asalnya. Meskipun sama-sama berkuah, namun resep dan cara pengolahannya berbeda-beda untuk setiap daerahnya. Ada yang memakai kuah bening dengan dicampur kecap, ada juga yang memakai kuah kuning dengan dicampur santan.

Untuk bahan pelengkapnya sendiri, biasanya soto sering dicampur dengan soun dan kecambah. Plus bawang goreng, kerupuk, dan perkedel sebagai pemanis tampilan. Ada resep soto padang santan, namun yang dibahas pada artikel ini berbeda ya, karena soto ini menggunakan kuah bening.

Namun tetap saja menggunakan resep rahasia soto padang asli, yang enak serta nikmat karena menggunakan daging sapi dan perkedel. Untuk ciri khas soto padang sendiri, biasanya kaya akan rempah-rempah pilihan yang membuatnya semakin terasa nikmat. Nah bagaimana cara membuat soto padang, simak langsung ulasannya di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 500 gram daging sapi
2. 4 batang daun bawang, iris-iris
3. 4 batang seledri
4. 1 sdt kaldu bubuk
5. Garam secukupnya
6. 2.000 ml air
7. Minyak goreng secukupnya

Bahan pelengkap:


1. 250 gram soun
2. Perkedel kentang, sebanyak sesuai selera
3. Kerupuk sesuai selera
4. Tomat secukupnya, belah jadi 6
5. Bawang goreng
6. Cabai merah atau hijau kukus, lalu sambal

Bumbu yang dihaluskan:


1. 6 butir bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. ½ sdt merica bubuk
4. ¼ sdt pala bubuk
5. 2 ruas lengkuas
6. 1 ruas jahe
7. ½ sdt garam

Bahan rempah-rempah:


1. 2 batang serai, ikat 
2. 3 lembar daun jeruk
3. 3 lembar daun salam
4. 3 cm kayu manis
5. 5 butir kapulaga
6. 5 butir cengkeh
7. 4 butir bunga lawang
8. ¼ sdt jintan

Cara membuat soto padang:


Rebus daging sapi selama kurang lebih 20 menit sampai daging berubah warnanya. Lalu tiriskan daging dan buang airnya, jangan lupa cuci kembali daging sampai bersih.
Agar memiliki rasa, rebus kembali daging dengan 2.000 ml air. Kemudian masukkan daun bawang dan masak sampai daging empuk.
Sementara daging direbus, panaskan sedikit minyak ke dalam sebuah wajan. Lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan, dan masukkan semua rempah-rempah satu demi satu. Bila sudah tercium bau harum, matikan apinya.
Tuang tumisan bumbu halus dan rempah-rempah ke dalam rebusan daging. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, lalu icip sesuai selera.
Ambil semua daging, sementara kuah masih dipanaskan dengan api kecil. Lalu iris dadu dan goreng sampai daging berwarna kecokelatan.
Siapkan mangkuk saji, taruh soun, daging yang sudah digoreng, dan irisan tomat ke dalamnya. Siramkan kuah soto yang masih panas, taburi dengan bawang goreng serta beri perkedel dan kerupuk.
Sajikan bersama sambal atau tambahan nasi.

Nah soto khas Padang siap untuk disantap, mudah kan cara membuatnya. Itulah resep soto padang yang praktis, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar