Cara Membuat Soto Ayam Khas Medan yang Enak dan Gurih, Ini Resepnya!


Sumber: https://cookpad.com

Kali ini kita masih membahas tentang makanan khas dari tanah Medan guys. Nah selain Bika Ambon, Medan juga masih memiliki makanan khas yang tak kalah enaknya. Bukan roti atau kue yang dipanggang, melainkan masakan berkuah dan segar. Serta enak dimakan pada saat masih panas, atau ketika udara sedang dingin, yakni Soto. Seperti kebanyakan Soto pada umumnya, Soto Ayam khas Medan ini juga berkuah santan yang enak dan gurih.

Soto memang digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun lanjut usia. Juga di berbagai daerah, yang salah satunya adalah Soto Ayam khas Medan yang menjadi kebanggaan masyarakatnya. Kuahnya yang gurih, membuat siapapun yang memakannya akan menjadi ketagihan. Soto yang biasa memakai ayam kampung ini juga bisa diganti dengan daging sapi sebagai pelengkapnya. Ditambah lagi dengan bumbu rempah-rempahnya yang meresap ke dalam daging.

Nah ketika kamu jalan-jalan ke Medan, jangan lupa untuk mampir ke warung-warung makan yang menyediakan Soto Ayam Khas Medan ini ya. Untuk mencarinya sangat mudah, karena hampir setiap lokasi di Medan ada saja yang menjualnya. Jangan mengaku pernah berkunjung ke Medan jika belum pernah mencicipi Soto Ayam Khas Medan. Harganya pun relatif murah, terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

Namun ketika kamu sudah kembali dari Medan, maka kamu tak perlu khawatir jika ingin mencicipi kembali Soto Ayam Khas Medan lagi. Cukup buat sendiri dan kamu tak perlu pergi jauh-jauh lagi ke Medan hanya untuk mencicipi Soto. Bahan-bahannya pun mudah untuk didapat, pasar di setiap daerah juga pasti banyak yang menjualnya. Nah penasaran apa saja bahan-bahannya dan seperti apa cara membuatnya, simak ulasannya berikut ini!


Sumber: https://www.growandbehold.com

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:
1. Ayam 1 ekor, potong jadi 4 atau 6
2. Lengkuas 1 ruas
3. Daun salam 3 lembar
4. Serai 4 batang, memarkan
5. Daun jeruk 3 lembar
6. Santan cair 1 liter
7. Santan kental dari 1 buah kelapa, ambil       ½ liter
8. Minyak untuk menumis


Sumber: https://balanceblog.bistromd.com

Bumbu yang dihaluskan:
1. Bawang merah 10 butir
2. Bawang putih 7 siung
3. Ketumbar bubuk 1 sdt
4. Jintan ½ sdt, sangrai
5. Merica bubuk ½ sdt
6. Jahe 3 ruas
7. Kunyit 1 ruas

Bahan untuk taburan:
1. Daun bawang 3 batang, iris halus
2. Daun seledri 2 batang, iris halus
3. Bawang goreng secukupnya

Bahan pelengkap:
1. Telur 6 butir, rebus lalu kupas dan belah jadi dua
2. Tomat 3 buah, potong-potong
3. Kentang ukuran sedang 3 buah, rebus lalu potong-potong
4. Emping goreng secukupnya
5. Cabai rawit 20 buah, sambal


Sumber: https://www.irishtimes.com

Cara pembuatan:
1. Pertama haluskan semua bumbu hingga benar-benar halus. Tumis lalu tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai hingga harum.

2. Masukkan potongan ayam, tumis sebentar kemudian angkat.

3. Masukkan tumisan ayam dan bumbu tersebut ke dalam panci. Lalu tambahkan santan encer dan rebus dengan api kecil hingga ayamnya empuk. Jangan lupa angkat ayamnya.

4. Jika sudah tambahkan santan kental ke dalam kuah, lalu biarkan hingga mendidih dan angkat.

5. Siapkan minyak secukupnya ke dalam wajan. Goreng ayam hingga berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.


Sumber: https://cookpad.com

Cara penyajian:
1. Siapkan satu buah mangkuk. Masukkan suwiran ayam, ½ butir telur rebus, kentang dan tomat.

2. Lalu siram dengan kuah soto.

3. Sajikan hangat-hangat, lalu taburi dengan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Jangan lupa emping goreng dan sambalnya. Soto Ayam Khas Medan bisa disantap dengan nasi atau lontong.

Nah itu dia resep dan cara membuat Soto Ayam Khas Medan yang enak dan gurih. Bagi kamu yang bukan orang Medan, bisa langsung praktek membuat dan mencicipinya. Makan Soto Ayam Khas Medan tidak harus pergi ke Medan kan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Komentar