Beda dengan Sate Madura, Begini Cara Membuat Sate Padang


Siapa yang tidak suka makan sate. Makanan berbahan dasar daging ayam, sapi, atau kambing ini memang begitu melegenda, bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Dengan khas bumbu kacangnya, enaknya betul-betul terasa di lidah.

Nah sate dengan bumbu kacang yang sering kita temui di pinggir jalan itu merupakan makanan khas dari kota Madura. Tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, dijual oleh bapak-bapak yang khas dengan logat Maduranya. Baik sate ayam maupun kambing, pas dimakan bersama lontong atau ketupat, serta tambahan irisan cabai rawit dan bawang merah.

Itulah sekilas tentang sate Madura yang khas dengan bumbu kacangnya. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini sedikit berbeda, hanya saja masih berhubungan dengan nama sate. Namanya adalah sate padang, yang meskipun masih sama-sama menggunakan bahan dasar daging, namun bumbu serta cara masaknya berbeda.

Dan inilah yang membedakan sate padang dengan sate pada umumnya. Bagi masyarakat kota Padang itu sendiri, sate padang tidaklah asing lagi bagi mereka. Namun bagi orang-orang di luar kota Padang, khususnya di luar pulau Sumatra, mungkin masih terasa asing saat mendengar nama sate padang.

Baik tampilan, rasa, atau cara membuatnya. Nah daripada penasaran, lebih baik praktikkan sendiri saja di rumah melalui resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 500 gram daging sapi, potong dadu
2. 250 gram jeroan sapi, potong dadu
3. 2 buah asam kandis
4. 2 lembar daun kunyit
5. 5 sdm tepung beras
6. 1 sdm tepung sagu
7. 1.600 ml air

Bumbu yang dihaluskan:


1. 5 butir bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. 5 buah cabai merah
4. 2 batang serai, ikat
5. 1 ruas jahe
6. 1 ruas kunyit
7. 1 ruas lengkuas
8. 3 lembar daun jeruk
9. 1 sdt jintan
10. Garam secukupnya

Bahan pelengkap:


1. Lontong atau ketupat sebanyak sesuai selera
2. Bawang goreng
3. Tusuk sate
4. Daun pisang, bersihkan

Cara membuat sate padang:


Masukkan daging ke dalam air yang mendidih, lalu tambahkan bumbu yang telah dihaluskan bersama asam kandis dan daun kunyit. Biarkan hingga matang dan daging empuk.
Ambil semua daging lalu tusuk daging dengan tusukan sate dengan cara selang seling. Daging, jeroan, dan daging seperti itu.
Larutkan tepung beras dan tepung sagu dengan ½ gelas air, aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam kuah sisa untuk merebus daging tadi. Aduk sampai kuah benar-benar mengental.
Panggang sate di atas alat pemanggang selama kurang lebih 10 menit, jangan lupa bolak balik.
Sajikan sate padang di atas piring yang sudah dilapisi dengan daun pisang bersama lontong atau ketupat. Siram dengan kuah sate, jangan lupa taburi bawang gorengnya.

Sate padang siap untuk disajikan, mudah dan praktis siapa pun bisa mencobanya. Itulah cara membuat sate padang, salah satu masakan khas kota Padang selain rendang daging. Jangan lupa untuk dipraktikkan ya, dan semoga bermanfaat.

Komentar