Suka Makan Pedas, Yuk Coba Resep Jengkol Balado Ini


Resep masakan jengkol memang begitu banyak sampai tak terhitung lagi. Di setiap daerah, masakan yang satu ini memang selalu menghiasi dapur banyak ibu. Dengan resep yang berbeda-beda, jengkol diolah dengan bumbu khas pada masing-masing daerah tersebut, tak terkecuali resep jengkol balado ini. 

Resep jengkol balado super pedas ini memang begitu menggugah selera, terutama bagi mereka yang suka makanan pedas. Seperti halnya masakan gulai jengkol khas Padang, daerah ini juga memiliki resep jengkol balado padang yang terkenal akan enaknya. Namun tentunya, masakan jengkol balado tidak hanya dari Padang saja.

Karena ada juga resep jengkol balado sunda yang sama-sama menggunakan cabai merah untuk bumbunya. Cara membuat balado jengkol yang enak sebenarnya sangat mudah, karena untuk bumbunya hampir sama saja di setiap daerah. Lalu seperti apa resepnya, berikut adalah resep jengkol balado yang praktis dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 500 gram jengkol yang sudah tua
2. 2 lembar daun salam
3. 1 ruas lengkuas
4. Gula pasir secukupnya
5. Gula merah sisir secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Air secukupnya
8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:


1. 5 buah cabai merah
2. 5 buah cabai rawit
3. 3 butir bawang merah
4. 2 siung bawang putih
5. 2 butir kemiri
6. ½ sdt garam

Cara membuat jengkol balado:


Pertama bersihkan jengkol, lalu rebus selama kurang lebih 1 jam. Seperti biasa tiriskan dan bersihkan jengkol dari kulitnya. Memarkan jengkol satu persatu dengan ulekan sampai benar-benar pipih, jangan lupa cuci kembali jengkol dan tiriskan.
Panaskan minyak ke dalam wajan dengan api sedang, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan daun salam dan lengkuas ke dalamnya, tumis sampai tercium bau harum. Beri gula pasir, gula merah dan garam secukupnya. Beri air secukupnya saja, lalu aduk hingga merata.
Masukkan ikan teri yang sudah digoreng dan jengkol yang sudah dimemarkan ke dalam tumisan. Aduk merata sampai sambal tercampur semua dengan jengkol dan teri. Tumis hingga mendidih dan kuahnya mengental sempurna. Jika sudah matikan apinya dan angkat.

Nah jengkol balado siap disajikan, bisa ditaruh di piring atau mangkuk saji. Itulah resep jengkol balado super pedas, yang pedasnya memang gila. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar