Resep Bolu Gulung Meranti Khas Medan, Begini Cara Membuatnya


Memang tak salah jika Medan dijuluki sebagai kota kuliner. Karena selain kaya akan destinasi wisatanya, Medan juga kaya akan kulinernya. Berbagai macam kue dan masakan yang tentunya enak-enak, menjadi andalan sekaligus ikon bagi orang Medan sendiri.

Nah selain kue Bika Ambon dan Pancake Durian, masih banyak kue khas Medan lainnya yang tak kalah legit. Seperti Bolu Gulung Meranti yang akan kita bahas kali ini. Bolu Gulung Meranti merupakan jenis kue kebanggaan kota Medan. Rasanya yang manis dan lembut, sehingga membuat siapapun akan ketagihan setelah mencicipinya.

Kelembutan akan Bolu Gulung Meranti ini memang sudah tidak diragukan lagi. Karena baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, suka dengan salah satu kue khas kota Medan ini. Lalu bagaimana resep dan cara membuatnya, simak ulasan berikut ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 6 butir telur, ambil kuningnya saja
2. 5 butir telur antero
3. 125 gram gula pasir
4. 10 gram emulsifier
5. 20 gram susu bubuk
6. 100 gram tepung terigu
7. 1 gram baking powder
8. 1 sdm air

Bahan untuk dicairkan:


1. 100 gram butter
2. 25 gram margarine
3. 1 sdm vanila

Bahan untuk isian:


1. Coklat meses (bisa diganti dengan selai kacang, nanas atau strawberry, sesuai selera)
2. Keju parut untuk isian yang menggunakan keju
3. Butter cream

Cara membuat Bolu Gulung Meranti khas Medan:


Campur telur dan gula pasir, lalu mixer sampai mengembang dan berbuih. Masukkan air dan mixer lagi.
Tuang susu bubuk, tepung terigu dan baking powder, aduk pakai sendok saja. Kemudian masukkan butter, margarine dan vanila. Kocok kembali menggunakan mixer selama kurang lebih 15 menit. 
Olesi 2 loyang dengan margarine hingga rata, karena bahan di atas cukup untuk membuat bolu 2 loyang ya. Gunakan loyang berukuran sedang saja. Lalu panaskan oven dengan 180 derajat celcius. 
Tuang adonan ke dalam loyang, dan panggang selama kurang lebih 20-30 menit.
Jika dirasa sudah matang, angkat loyang dari oven lalu keluarkan bolunya. Biarkan bolu sampai dingin, baru olesi dengan meses atau parutan keju. Jika sudah baru digulung rapi. 
Nah Bolu Gulung Meranti Khas Medan siap dipotong-potong lalu disajikan.

Itu dia resep serta cara membuat Bolu Gulung Meranti Khas Medan yang enak dan Legit. Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya.

Komentar