Resep Membuat Kue Bika Ambon yang Legit dan Kenyal, Nyarang Tawon Banget!


Sumber: https://id.tastemade.com

Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi yang kaya akan budaya serta hasil alamnya. Belum lagi, pemandangan alamnya yang mempesona, menjadi nilai lebih bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Salah satunya adalah Medan, yang memiliki danau Toba yang begitu terkenal di seluruh penjuru negeri bahkan sampai ke mancanegara. 

Nah yang tak boleh ketinggalan, adalah makanan khasnya. Yang rasanya pasti melekat dilidah siapapun yang mencicipinya. Salah satunya adalah kue Bika Ambon. Kue khas Medan, Sumatera Utara ini memang terkenal legit serta kenyal bila dimakan. Kue ini banyak dijumpai di toko-toko kue atau usaha rumahan para ibu-ibu di daerah Medan. Tapi akan menjadi masalah jika anda berasal dari luar kota tersebut, karena tidak mungkin harus pergi jauh-jauh ke Medan hanya untuk mencicipi kue. 

Tapi tenang, karena di sini saya akan berbagi resep tentang cara membuat kue Bika Ambon yang legit dan kenyal. Jadi anda bisa membuat sendiri di rumah. Nah berikut adalah bahan dan cara pembuatan kue Bika Ambon. 


Sumber: https://resepgulaku.com

Bahan-bahan:
1. Santan kental 300 ml
2. Santan cair 100 ml
3. Daun jeruk 4 lembar
4. Serai 2 batang, memarkan
5. Kunyit bubuk 1 sdm

Bahan biang:
1. Tepung dengan protein sedang 50 gram
2. Gula pasir 2 sdm
3. Air 120 ml
4. Ragi instan 8 gram

Bahan utama:
1. Telur 2 butir, utuh
2. Telur 8 butir, diambil kuningnya saja
3. Tepung sagu 100 gram
4. Tepung ketan 50 gram
5. Gula pasir 200 gram
6. Garam ½ sdt
7. Vanilla bubuk 1 sdt


Sumber: https://review.bukalapak.com

Cara pembuatan:
1. Campur semua bahan biang berupa tepung dengan protein sedang, gula pasir, air, dan ragi instan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Rebus bahan-bahan seperti santan kental, santan cair, daun jeruk dan kunyit bubuk hingga mendidih dengan api kecil

3. Kemudian masukkan semua bahan utama seperti telur utuh, kuning telur, gula pasir, garam, dan vanila bubuk ke dalam sebuah wadah. Aduk sampai mengembang, lalu masukkan tepung sagu dan tepung ketan

4. Masukkan campuran bahan biang ke dalam campuran bahan utama, aduk rata. Lalu masukkan campuran bahan santan yang sudah direbus tadi, aduk rata kemudian diamkan selama 2 jam

5. Sebelum dipanggang, aduk kembali campuran bahan Bika Ambon. Olesi loyang dengan minyak atau margarin terlebih dahulu, lalu panaskan. Baru masukkan campuran bahan ke dalam loyang. Panggang dalam oven pada suhu 180℃ dan dengan api sedang, selama 30-40 menit. Dan jangan lupa, biarkan pintu oven sedikit terbuka agar hawa panas di dalamnya bisa keluar. Nah setelah dirasa matang, angkat kue Bika Ambon lalu biarkan hingga dingin.


Sumber: https://lifestyle.okezone.com

Kue Bika Ambon siap disajikan. Nah kue Bika Ambon yang bagus adalah yang di dalamnya bertekstur seperti sarang tawon. Jika demikian, berarti anda telah berhasil membuat kue Bika Ambon khas Medan. Selamat mencoba!

Komentar