Inilah Resep Pancake Durian Khas Medan yang Lembut Banget, Kamu Wajib Coba!

Sumber: https://m.winnetnews.com

Masih membahas kuliner asal Medan, Sumatera Utara nih. Nah bagi kamu yang tengah berkunjung ke Medan, atau mau menuju ke sana, wajib coba makanan yang satu ini. Rasanya manis dan terasa lembut bila dimakan, tak kalah legit dengan Bika Ambon. Ya, makanan berjenis kue ini bernama Pancake Durian Khas Medan. Dari namanya saja semua orang tahu jika kue ini berbahan dasar durian.

Seperti yang banyak kita tahu, bahwa durian asal Medan terkenal akan ukuran dan rasanya yang enak banget. Maka dari itu, orang Medan kemudian mengkreasikan kue Pancake yang asalnya biasa, menjadi luar biasa setelah ditambah dengan kulit buah durian. Dan jadilah kue ini disebut Pancake Durian Khas Medan. Kue ini banyak dijual di toko-toko kue di sepanjang kota Medan. Jika kamu berkunjung ke sana, maka sempatkan untuk mencicipinya ya.

Kue ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah lo. Jadi bagi kamu yang berasal dari luar Medan, bisa praktek sendiri daripada harus susah-susah mencari toko yang menjual Pancake Durian Khas Medan yang tidak setiap daerah ada yang menjual. Cara buatnya cukup mudah kok, cuma kulit Pancake lalu diisi dengan lumatan daging buah durian yang sudah dipisahkan dari bijinya. Nah daripada penasaran, berikut adalah resep Pancake Durian Khas Medan yang lembut banget, kamu wajib coba!

Sumber: https://supplierbahankuebanten.blogspot.com

Bahan-bahan kulit Pancake Durian:
200 gram tepung terigu
4 butir telur
200 ml susu cair
Essens/pasta pandan (2-3 tetes)

Sumber: https://www.thejakartapost.com

Bahan-bahan isian Pancake Durian:
2 bungkus Whipped Cream, lalu kocok
3-4 buah durian ukuran sedang. Pisahkan dari bijinya dan lumatkan daging buahnya.

Sumber: http://www.groufiee.com

Cara pembuatan:
Campur tepung terigu, telur, dan susu cair. Aduk hingga merata dan jangan sampai menggumpal, lalu tambahkan essens atau pasta pandan.

Siapkan teflon yang sudah diolesi dengan mentega, lalu panaskan dengan api kecil. Tuang adonan ke dalam teflon, buat dadar bulat tipis mengikuti bentuk teflon. Biarkan hingga adonan matang dan tidak lengket ketika diangkat, persis seperti membuat kulit lumpia. Ulangi hingga adonan habis.

Ambil satu lembar kulit Pancake, tuang dengan Whipped Cream yang sudah dikocok. Baru tambahkan daging buah durian yang sudah dilumatkan, lalu lipat kulit Pancake membentuk amplop hingga menutupi semua isi.

Sumber: https://www.cakengifts.in

Nah itu dia resep serta cara pembuatan Pancake Durian Khas Medan. Namun sebelum praktek secara langsung, sebaiknya kamu perhatikan beberapa tips berikut agar Pancake Durian yang dihasilkan benar-benar terasa lembut.

1. Agar Pancake Durian yang dihasilkan bisa lembut, sebaiknya adonan jangan terlalu sering diaduk.

2. Saat membuat kulit Pancake, gunakan api yang kecil saja agar kulit Pancake jadi tidak gosong.

3. Ketika melipat kulit Pancake, sebaiknya lipat dari bawah, lalu atas, dan tekan sedikit agar rapat. Kemudian diikuti dari bagian kanan dan kiri.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menghasilkan Pancake Durian Khas Medan yang lembut dengan tampilan yang cantik. Lebih nikmat lagi jika Puncake Duriannya disantap dalam keadaan dingin dengan cara disimpan di lemari es terlebih dahulu. Sekarang kamu bisa membuat sendiri di rumah, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Semoga  bermanfaat.

Komentar