Resep Semur Jengkol Khas Betawi Paling Mudah dan Simpel


Kebanyakan orang Betawi memang suka sekali makan jengkol, terlebih jika dimasak dengan resep kesukaan mereka. Nah selain dijadikan lalap, mereka juga menyukai jengkol yang dimasak menjadi semur. Dan kebetulan artikel ini membahas tentang resep semur jengkol khas Betawi, jadi baca artikel ini sampai habis ya.

Semur jengkol memang pas sekali jika dimakan bersama nasi hangat, bahkan enaknya bisa mengalahkan masakan daging. Jika sebelumnya telah dibahas resep semur jengkol Padang yang tidak menggunakan kentang, semur jengkol khas Betawi ini justru menggunakannya. Serta masakan ini tidak menggunakan cabai sama sekali ke dalam bumbunya, jadi pas buat kamu yang tidak tahan pedas.

Lalu apa saja resep semur jengkol Betawi, untuk itu silakan simak ulasan mengenai resep semur jengkol spesial ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


1. 500 gram jengkol tua
2. 200 gram kentang
3. 1 ruas jahe
4. 3 cm kayu manis
5. 4 buah kapulaga
6. 5 buah cengkeh
7. 200 ml air
8. Gula pasir secukupnya
9. Garam secukupnya
10. Kecap manis secukupnya
11. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:


1. 5 butir bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. 3 butir kemiri
4. ½ sdt lada hitam

Cara membuat semur jengkol khas Betawi:


Seperti biasa, rebus jengkol hingga empuk selama kurang lebih 1 jam. Lalu belah jadi 2 dan memarkan menggunakan ulekan sampai bentuknya pipih. Jangan lupa kembali bersihkan dan tiriskan jengkolnya.
Sambil merebus jengkol, kupas kentang dan belah jadi 4 jika ukurannya sedang. Jika ukurannya besar, maka belah jadi 6 atau 8.
Blender atau ulek bumbu yang harus dihaluskan sampai benar-benar halus. Jika sudah maka siapkan wajan lalu tuang minyak secukupnya, tumis bumbu sampai harum.
Jangan lupa masukkan jahe, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh ke dalamnya. Masukkan kentang terlebih dahulu, aduk sampai tercampur rata dengan semua bumbu. Baru masukkan jengkolnya dan tuang air sedikit demi sedikit.
Beri garam, gula, dan kecap secukupnya atau sesuai selera. Biarkan hingga bumbu meresap dan kuahnya mengental. Baru matikan apinya dan angkat masakan.

Semur jengkol siap disajikan dan disantap, mudah kan cara membuatnya. Itulah resep semur jengkol khas Betawi yang menggugah selera, nantikan resep-resep khas Betawi lainnya ya.

Komentar