Boleh Dicoba, Inilah Resep Dendeng Batokok Khas Padang


Bicara tentang masakan Padang, memang ada banyak macamnya seperti yang paling terkenal adalah rendang daging. Ada juga dendeng balado lengkap dengan sambal merah, yang nikmat serta pedasnya menggugah selera. Jika pada artikel sebelumnya kita membahas resep dendeng balado, kali ini kita akan membahas resep dendeng batokok khas Padang.

Resep dendeng batokok sambal hijau yang akan kita bahas pada artikel kali ini sebenarnya sama saja dengan yang sebelumnya. Yakni resep dendeng balado kering ala padang, yang sama-sama mengolah dagingnya dengan cara digoreng. Nah untuk resep dendeng batokok bakar mungkin akan kita bahas pada artikel selanjutnya ya.

Sebenarnya dendeng batokok ini tidak hanya berasal dari daerah Padang saja. Karena ada juga dendeng batokok jambi, dendeng batokok pekanbaru, dan dendeng batokok bandung. Yang masing-masing memiliki cita rasa tersendiri, sesuai dengan daerah asalnya.

Itulah sekilas penjelasan tentang dendeng batokok. Sekarang kita langsung saja membahas mengenai resep dan cara membuat dendeng batokok khas padang.

Bahan-bahan pembuatan dendeng batokok:


1. 1 kg daging sapi khas dalam
2. 3 buah pekak
3. 3 siung bawang putih
4. 1 sdt merica bubuk
5. Garam secukupnya

Bumbu untuk merendam daging:


1. 4 butir bawang merah
2. 2 siung bawang putih
3. ½ sdt merica bubuk
4. 1 sdt ketumbar
5. 1 sdm air asam
6. Air secukupnya
7. Gula pasir secukupnya
8. Garam secukupnya

Bumbu balado sambal hijau:


1. 10 buah cabai hijau
2. 5 butir bawang merah
3. 1 buah tomat ukuran sedang
4. 1 sdm air asam
5. Garam secukupnya
6. Gula pasir secukupnya
7. Minyak untuk menumis secukupnya

Cara membuat dendeng batokok khas Padang:


Pertama-tama bersihkan daging terlebih dahulu, lalu tiriskan. Sementara itu, haluskan bumbu untuk merebus daging seperti bawang putih, merica, dan pekak. Jika sudah, siapkan panci untuk merebus daging.
Masukkan daging yang telah dibersihkan ke dalam panci, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Jangan lupa tambahkan garam ke dalamnya dan rebus daging sampai benar-benar empuk selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah empuk, angkat daging dan tiriskan, baru kemudian potong-potong daging tipis saja. 
Agar daging memiliki rasa, sebelum digoreng rendamlah dengan bumbu yang digunakan untuk merendam. Sebelumnya haluskan terlebih dahulu, lalu setelah itu tuang sedikit air dan rendam daging ke dalamnya selama 1 jam. Jika dirasa sudah cukup, siapkan minyak ke dalam wajan untuk menggoreng daging.
Goreng daging satu per satu sampai berwarna kecokelatan. Baru kemudian buatlah sambal balado hijaunya. Sebelumnya kukus terlebih dahulu cabai hijau, tomat, dan bawang merah selama kurang lebih 10 menit.
Setelah itu ulek kasar saja, lalu tambahkan air asam, gula pasir, dan garam secukupnya. Tumis hingga harum, jika sudah matikan apinya dan angkat.
Untuk penyajiannya, siapkan daging yang sudah digoreng ke dalam piring saji lalu siram dengan bumbu balado sambal hijau.

Nah dendeng batokok sambal hijau siap disajikan dan disantap bersama nasi hangat. Itulah resep dendeng batokok khas padang, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar