Cara Membuat Lontong Sayur Khas Medan yang Gurih dan Nikmat, Pas Untuk Sarapan Pagi!

Sumber: http://www.tripcanvas.com

Menurut kesehatan, kita dianjurkan untuk sarapan pagi sebelum jam 9. Sebab melewati jam tersebut, bisa saja mengundang datangnya penyakit maagh. Jadi sesibuk apa pun kita dalam bekerja, selalu sempatkan untuk sarapan pagi ya sobat. Nah bicara soal sarapan, biasanya orang Indonesia punya menu tersendiri. Ada yang suka bubur ayam, nasi goreng, roti selai, sereal, hingga lontong sayur.

Di negara kita ini, ada banyak sekali kreasi masakan yang berbahan dasar lontong. Mulai dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga pulau Sumatera, punya resep sendiri-sendiri dalam mengolah makanan berupa lontong. Salah satunya adalah Medan, yang mempunyai Lontong Sayur andalan mereka dengan bumbunya yang begitu gurih.

Sama seperti lontong sayur dari daerah lain, Lontong Sayur Khas Medan ini bisa disajikan dengan menggunakan lontong yang terbuat dari plastik dan daun pisang, atau bisa juga digantikan dengan ketupat. Hanya saja, yang membedakan Lontong Sayur Medan dengan daerah lainnya adalah kuah taoco udang serta sambal badar terinya. Dan satu lagi yang tak boleh ketinggalan, adalah bunga kecombrang. Yang seakan telah menjadi bumbu wajib bagi kebanyakan masyarakat Medan.

Untuk orang Medan sendiri, membuat Lontong Sayur Khas Medan adalah suatu hal yang dianggap mudah. Namun bagi mereka yang super sibuk dan tidak sempat untuk membuat sendiri di rumah, bisa membeli di warung-warung makan di sekitar kota Medan untuk menu sarapan pagi mereka. Nah bagi kamu yang tinggal di luar Medan, untuk mencicipinya tidak ada alternatif lain kecuali dengan membuat sendiri di rumah. Daripada penasaran bagaimana rasa dari Lontong Sayur Khas Medan ini, berikut adalah resep Lontong Sayur Khas Medan yang komplit serta cara membuatnya.

Sumber: https://www.youtube.com

Bahan utama:

5 buah lontong (bisa diganti dengan ketupat)
Bahan membuat kuah:
¼ kg kacang panjang, lalu dipotong-potong sesuai selera
3 buah cabai merah, iris miring
2 ruas lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
1.200 ml air
1 sdm garam (atau sesuai selera)
Gula merah secukupnya, sisir halus
500 ml santan dari 1 butir kelapa
Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
5 buah cabai merah
1 sdt ketumbar
2 ruas jahe

Bahan pembuatan taoco udang:

200 gram udang ukuran sedang, kupas ambil dagingnya
100 gram terung pipit
20 gram bunga kecombrang, belah jadi 4
4 butir bawang merah, iris-iris
2 siung bawang putih, iris-iris
3 buah cabai merah, iris miring
3 sdm taoco
1 buah tomat ukuran sedang, potong dadu
500 ml air
10 buah petai, belah dua
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
1 ruas jahe memarkan
1 sdt garam
Gula merah secukupnya, sisir halus
Bahan membuat sambal badar:
100 gram kacang tanah yang sudah digoreng
100 gram teri medan
4 buah cabai merah, haluskan
2 buah cabai merah, iris lalu goreng
2 butir bawang merah, lalu goreng
2 lembar daun jeruk
2 sdt gula pasir
½ sdt garam
1 sdt air asam jawa
Minyak untuk menumis secukupnya

Bahan membuat telur balado:

5 butir telur, rebus lalu goreng
1 buah tomat ukuran kecil, potong-potong
2 lembar daun jeruk
1 sdt gula pasir
½ sdt garam
1 sdt air asam jawa
6 buah cabai merah, ulek kasar
2 butir bawang merah, ulek kasar
50 ml air
Minyak untuk menumis secukupnya

Sumber: https://www.timeout.com

CARA MEMBUAT LONTONG SAYUR KHAS MEDAN:

1. Kuah: Panaskan minyak terlebih dahulu. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan irisan cabai merah, lengkuas, daun jeruk, serai dan daun salam hingga harum. Masukkan air, gula merah dan garam, biarkan hingga mendidih. Masukkan kacang panjang yang telah dipotong-potong, lalu tambahkan santan. Tunggu hingga matang.

2. Taoco udang: Panaskan minyak terlebih dahulu, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah dan taoco. Jangan lupa tambahkan daun salam, serai dan jahe, tumis hingga harum. Baru masukkan bunga kecombrang dan petai yang sudah dibelah jadi dua. Jika sudah layu, baru masukkan udang. Aduk hingga berubah warna, lalu masukkan air, terung pipit, tomat, garam dan gula merah yang sudah disisir tadi. Masak hingga matang.

3. Sambal badar: Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan serta daun jeruk hingga harum. Tambahkan gula pasir, garam dan air asam jawa. Aduk-aduk lalu tambahkan teri medan, kacang tanah, cabai merah dan bawang merah yang telah digoreng. Aduk hingga merata dan biarkan sampai matang.

4. Telur balado: Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar. Tambahkan daun jeruk dan tomat, tumis hingga layu dan harum. Masukkan telur, gula pasir, garam dan air asam jawa. Aduk merata dan tuangkan air. Masak hingga matang.

Sumber: https://medium.com

CARA PENYAJIAN:

Iris-iris lontong, masukkan ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah, taoco udang, sambal badar dan telur balado. Sajikan untuk 5 porsi.

Nah itulah resep dan cara membuat Lontong Sayur Khas Medan yang gurih dan nikmat. Karena membuatnya memang sedikit ribet, tapi untuk rasa dijamin sesuai dengan usaha. Semoga bermanfaat!

Komentar