Rasanya Begitu Menggoda, Begini Cara Membuat Bihun Bebek Khas Medan

Sumber: https://www.pegipegi.com

Bihun atau mi bihun memang cocok untuk dibuat berbagai macam masakan, seperti soto, bakso, hingga Bihun bebek khas Medan. Sama seperti soto dan bakso, cara membuat Bihun bebek khas Medan juga cukup sederhana. Cita rasanya pun begitu menggoda, menggugah selera siapa saja yang mencium aroma harum dari bumbu-bumbunya.

Salah satu makanan khas dari kota Medan ini memang cukup populer, terutama bagi para pencinta daging bebek. Karena selain dijadikan bebek goreng, bebek bakar atau panggang, daging bebek ternyata juga nikmat untuk dijadikan Bihun Bebek. Cara membuat Bihun Bebek kuah ini sangat mudah kok, seperti cara membuat soto ayam.

Nah daripada penasaran bagaimana cara buat Bihun Bebek, langsung simak ulasannya di bawah ini. Berikut adalah resep dan cara membuat Bihun Bebek kuah khas Medan, Sumatera Utara.

Sumber: https://www.wildmeat.co.uk

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 1 ekor bebek, biarkan utuh saja
2. 250 gram bihun, seduh dengan air panas lalu tiriskan
3. 2.500 ml air
4. 2 ruas jahe, memarkan
5. 2 batang daun bawang, iris tipis
6. 1 sdt cuka
7. 1 sdt garam
8. 75 ml minyak bawang
9. 75 ml kecap asin

Sumber: https://www.vistaglobalcc.com 

Bumbu yang ditumis:

1. 6 siung bawang putih, cincang lembut
2. 2 ruas jahe, cincang lembut

Bumbu kuah Bihun Bebek:

1. 4 sdt garam
2. ½ sdt merica bubuk
3. 1 sdt minyak wijen

Bahan sebagai pelengkap:

1. 7 siung bawang putih, lalu goreng sebagai taburan
2. 150 gram daun selada
3. 4 batang daun bawang, iris tipis sebagai taburan

Sumber: https://www.goodindonesianfood.com

Cara membuat Bihun Bebek kuah:

Siramkan cuka dan garam ke daging bebek, lalu lumurkan. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
Rebus bebek dalam 2.500 ml air dengan api sedang, lalu masukkan irisan daun bawang dan jahe yang telah dimemarkan. Masak hingga bebek empuk, sampai air hanya tersisa 1.500 ml saja. Lalu pisahkan kuah kaldu bebek dengan dagingnya, sisihkan.
Panaskan minyak ke dalam wajan, lalu tumis bawang putih dan jahe yang telah dicincang. Masak hingga harum lalu sisihkan.
Panaskan lagi kuah kaldu bebek, lalu masukkan tumisan bawang putih dan jahe tadi. Tambahkan merica bubuk, garam dan minyak wijen, aduk dan biarkan hingga mendidih.
Letakkan bihun ke dalam mangkuk saji, beri minyak bawang dan kecap asin sesuai selera. Suwir-suwir daging bebek, letakkan di atasnya. Taburi dengan bawang putih goreng dan irisan daun bawang, jangan lupa masukkan daun selada. Siramkan kuah kaldu bebek yang sudah direbus tadi.

Nah itulah cara membuat Bihun Bebek kuah khas Medan yang rasanya melekat dilidah. Bukan cuma bagi orang Medan, namun kalian yang berasal dari luar kota juga pasti bisa membuatnya. Karena cara membuat Bihun Bebek khas Medan ini memang cukup sederhana.

Komentar